Jumat, 01 Januari 2016

TAHUN 1971

25 TAHUN UNICEF

25 TAHUN UNICEF - 1971

25 TAHUN UNICEF - 1971

25 TAHUN UNICEF - 1971

Tahun  1971 ini adalah ulang tahun ke dua puluh lima Dana Bantuan PBB untuk Anak2 (UNICEF= the United Nations Childredn’s Fund) Dalam tahun 1946 Madjelis Umum PBB menerima baik Resolusi 57 (1) untuk membentuk organisasi UNICEF jang tugasnja chusus untuk mengurus kebutuhan anak2 di negara-negara Eropah sesudah perang. Berkat bantua jang disalurkan oleh UNICEF berupa obat-obatan, makanan dan pakaian, maka tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.
Tugas UNICEF jang tadinja bersifat darurat di saat2 sesudah perang Dunia ke II, sesudah tahun 1950 telah meningkat mendjadi pemberian bantuan djangka pandjang kepada sedjumlah 112 negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin. Pada mulanja bantuan untuk program kesehatan anak-2lah jang paling menondjol. Dalam tahun2 1960-an jakni Tahun Dasawarsa Pertama Pembangunan PBB, UNICEF mulai mengambil bagian dalam bidang pcndidikan,dan kemudian dalam bidang perentjanaan anak dan pemuda dalam rangka pembangunan nasional. Dengan demikian tudjuan UNICEF jang semula hanjalah bersifat memberikan perlindungan kepada anak2 telah meningkat kepada usaha mempersiapkan mereka untuk dapat mengambil bagian setjara aktip dalam pembangunan. Dalam tahun 1965 UNICEF dianugerahi Hadiah Nobel untuk Perdamaian.
Mengingat kenjataan bahwa kegiatan2 di bidang kesehatan, gizi, pendidikan dan kesedjahteraan sosial harus didjalin setjara serasi dalam rangka pembangunan sumber2 manusia, maka UNICEF jang tadinja mcmberikan bantuan kepada projek2 jang berdiri sendiri2 sebagai kesatuan2 jang terpisah satu sama lain,  sekarang meningkat lagi kepada program2 pembangunan jang lebih bersifat komprehensif dan jang direntjanakan sesuai dengan prioritas dan strategi pembangunan nasional. Perobahan2 penting lainja dalam sifat pekerdjaan UNICEF terletak pada semakin disaringnja projek2 jang dibantu, dan semakin banjaknja projek2 djangka pandjang.
Di Indonesia misalnja, UNICEF telah memberikan kommitmen2 bantuan djanka pandjang untuk peningkatan usaha2 kesehatan rakjat, dan untuk program usaha perbaikan gizi jang bersifat kros-sektoral jang ditudjukan untuk meningkatkan taraf gizi anak2 muda, jakni suatu faktor jang kritis dalam hubungan dengan mutu man power bangsa pada masa jang akan datang. UNICEF djuga turut dalam usaha2 pemerintah untuk melaksanakan sistem pendidikan jang lebih efektif, agar dapat lebih baikmenjiapkan anak2 dan pemuda bagi peranan mereka dalam pembangunan pada masa jang akan datang. Dalam tahun 1971 UNICEF mulai pula bekerdjasama dengan Indonesia dalamusaha pembangunan masjarakat pedesaan melalui Lembaga2 Sosial Desa (LSD)
Persoalan dalam bidang2 lainja setjara umum telah diketahui, seperti masalah semakin tjepatnya pertambahan djumlah bagian2 daerah perkotaan jang terbelakang dan jang berpenghasilan rendah dan daerah perkotaan jang liar. Dalam Ddasawarsa Kedua Pembangunan PBB, UNICEF akan melandjutkan kerdjasama dengan pemerintah2 untuk berusaha memetjahkan persoalan2 jang ruwet ini. Untuk maksud itulah UNICEF berharap dapat meningkatkan seluruh dananja, dari djumlah $ 59 djuta dalam tahun 1970 menjadi $100 djuta dalam tahun 1975. Dan sebagaimana diketahui, dana UNICEF diperoleh dari sumbangan2 sukarela jang diberikan oleh pemerintah2 di seluruh dunia dan djuga dari sumbangan2 pribadi.*)

*) Dari Pengumuman Filateli

Prangko Peringatan Seri 25 Tahun UNICEF
Tanggal Penerbitan : 11 Desember 1971

Tidak ada komentar:

Posting Komentar