Sabtu, 02 Januari 2016

TAHUN 1971 

IKAN HIAS LAUT

IKAN HIAS LAUT

IKAN HIAS LAUT

IKAN HIAS LAUT
Ikan2 dengan berbagai bentuk dan warna jang indah tjemerlang menghiasi lautan2 tropik di seluruh dunia.
Prangko2 lstimewa pada seri “Ikan Hias Laut" ini memuat gamhar ikan hias jang hidup di beberapa tempat di lautan sekitar kepulauan Indonesia, di pantai dan di antara batu2 karang. Ikan2 ini dapat dipelihara di dalam aquarium  ikan laut.
Dengan adanja perhubungan lalu-lintas jang baik pada tahun2 belakangan ini, terutama melalui udara, maka eksp-or ikan2 hias dari negara Indonesia ke Negara lain baik di Asia maupun Eropah dan Amerika, makin meningkat demi memenuhi permintaan dari para  penggemarnja.

Rp. 40,- Pomacanthus Imperator

Keanehan dari djenis ikan ini·ialah bahwa selama pertumbuhannja mereka mcngalami perobahan jang luar biasa pada tjorak (pattern) dan warna (colour).
Pada tahap kanak2 (Juvenile) ikan ini  rnempunjai warna dasar kehitam-hitaman, diatas·dasar  ini  terdapat ban2 atau djalur2 berwarna putih jang melingkar dengan permulaan pada bagian dekat ekornja,  dimana terdapat satu ban jang ber.bentuk lingkaran penuh dan selandjutnja ban2nja makin kurang melengkung sampai dekat kepala dimana ban tersebut hampir tegak. Warna ekornja putih bening.        '.
Pada   gambar prangko, ikan ini sudah mentjapai tahap dewasa dimana warna dan tjorak sudah berobah seperti berikut. Warna di dada bagian bawah ketjoklat tjoklatan ke atas sebagian kuning. Dari bagian depan sedjumlah ban2 ketjil berwarna kuning mendjalur memandjang ke djurusan pangkal ekornja Ekornja berwarna kuning kem.erah-merahan, mulut dan sekitarnja berwarna hidjau muda.
Di Indonesia ikan  ini  terdapat di beberapa tempat di lautan sekitar pulau2 Sulawesi, Timor, Ambon, Ceram, Banda, Aru dan Irian Barat.

Rp.  30,- Zanclus Cornutus

Djenis ikan hias ini·mempunjai bentuk jang indah. Tingginja agak melebihi pandjangnja. Sirip punggungnya tinggi melengkung dari depan ke belakang melampau.i ekorni.a. Mulutnja jang konis  sangat ·menondjol ke depan mu_kanja. Pada tahap remadja pada kanan-,kiri mukanja timbul bendjolan, jang pada masa de'wasa akan tumbuh berbentuk seperti   tanduk.
Warna dasarnja kuning kebiru-biruan dengan dua ban atau djalur lebar pada badan dan satu pada ekor, djurusan dari atas ke bawah dan berwarna kehitam-hitaman.
Di Indonesia ik_an ini terdapat di beberapa tempat di lautan sekitar. pu}au2 : Djawa, S,umatra;    Ka limantan, Sulawesi, Flores, Timor, Haruku, Handa, Ternate, Halmahera, Ambon, Kepulauan Sangir dan Irian Barat.

Rp.  15,-  Achanturus Lineatus

Pada djenis ikan·ini terdapat beberapa ban2 atau djalur2 berwarna biru-muda dcngan tepi2 berwarna hitam memantjar dari mata dan membentuk garis2 sedjadjar merata sampai pangkal  ekornja. Satu ban jang serupa terlihat tegak lurus pada pangkal ekornja. Garis2 tersebut di atas  terletak pada dasar berwarna kuning. Pacla bagia·n bawah, antara sirip dada dan-sirip perut  warnanja  biru-muda.

Di Indonesia, ikan ini terdapat di beberapa tempat di lautan sekitar pulau2: Djawa, Sulawesi, Timor, Nias, Kepulauan Talaud dan Aru.

*) Dari Pengumuman Filateli.

Prangko Seri : Ikan Hias Laut
Tanggal Penerbitan : 27 Desember 1971

Tidak ada komentar:

Posting Komentar