Sabtu, 05 September 2015

TAHUN 1970 

SEPEREMPAT ABAD POSTEL





Untuk memperingati Hari Pos dan Telekomunikasi ke-25, jang djatuh pada tanggal 27 September 1970, Direktorat Djenderal Pos dan Telekomunikasi menerbitkan prangko-prangko peringatan dengan harga Rp. 10,- dan Rp. 25,- beserta Sampul Hari Pertamanja. Prangko Rp. 10,- bergambarkan lambang-lambang "P.N Pos dan Giro" dan "Perum Telekomunikasi" jang didukung oleh dua belah tangan, melukiskan tjita-tjita POSTEL untuk madju terus melaksanakan tugasnja sepandjang zaman.
Pranko Rp. 25,- melukiskan karyawan POSTEL jang dengan penuh dedikasi dan ketekunan melaksanakan tugasnja dimanapun ia berada, sepi ing pamrih rame ing gawe.
Sedjarah Hari POSTEL dimulai 25 tahun jang lalu dengan direbutnja Pimpinan Djawatan PTT di Bandung dari tangan pendjadjah Djepang oleh para pegawai PTT jang dipelopori oleh Angkatan Muda PTT. Perebutan pimpinan ini adalah sedjalan dengan usaha-usaha mengisi kemerdekaan sesuai dengan bunji teks Proklamasi Kemerdekaan:
"........, Hal-hal jang mengenai pemindahan kekuasan dan lain-lain diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesisngkat-singkatnja".
Gerakan ini diikuti oleh kantor-kantor di seluruh Indonesia sehingga tjita-tjita Bangsa untuk merdeka dalam segala bidang dapatlah tertjapai.
Usaha-usaha jang didjalankan untuk membela dan mempertahankan apa jang telah mendjadi milik Republik Indonesia telah membawa pengorbanan jang tidak sedikit, terutama dalam masa revolusi fisik (1945-1949). Diantara para pahlawan PTT jang gugur terdapat Bapak Mas Soeharto jang, setelah perebutan pimpinan dari tangan pendjadjah Djepang, ditundjuk sebagai Kepala Djawatan PTT Republik Indonesia jang pertama.
Beberapa puluh nama para pahlawan PTT jang gugur kini terukir pada batu peringatan di atas Tugu Peringatan Pahlawan PTTjang didirikan di halaman muka Kantor Pusat PTT di Bandung.
Dalam masa perdjuangan kemerdekaan, POSTEL telah banjak memberikan andilnja, terutama di dalam mengumandangkan Proklamasi Kemerdekaan ke seluruh tanah air dan ke seluruh dunia.
Penerbitan prangko-prangko ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati djasa-djasa para pahlawan PTT tersebut dan untuk menghargai para karuawan jang dengan penuh kedjudjuran, ketekunan dan ketelitian melaksanakan tugas mereka.
Perajaan Hari POSTEL ke-25berthemakan:"Modernisasi dan Peningkatan Pelajanan"
Dalam thena tersebut POSTEL menghadapi masa mendatang sedjalan dengan kemadjuan teknologi dan kebudajaan.
Disamping itu diterbitkan pula carnet chusus untuk dipersembahkan kepada para karyawan POSTEL, baik jang masih aktif bekerdja maupun jang telah berpensiun, sebagai kenangan dan penghargaan atas pengabdian mereka kepada POS dan TELEKOMUNIKASI.

*) dari Pengumuman Filateli Sei "Seperempat Abad POSTEL"

Prangko Peringatan : Seri "Seperempat Abad POSTEL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar