Kamis, 12 Februari 2015

TAHUN 1993

TRANSMIGRASI SWAKARSA MANDIRI

 



 Salah satu program pembangunan yang spesifik khas Indonesia dan merupakan suatu kegiatan kemanusiaan dalam bentuk pemindahan dan peningkatan kesejahteraan penduduk oleh pemerintah adalah transmigrasi. Para transmigran dengan segala pengorbanannya, telah memberikan arti yang memadai kepada pembangaunan daerah.
Sebagai ungkapan rasa terima kasih kita kepada pelopor-pelopor pembangunan itu, perlu diperhatikan kebutuhan-kebutuhan mereka dari berbagai aspek tidak hanya materiil, tetapi juga spirituial. Salah satu kebutuhan yang cukup mendasar yang sering terungkap adalah jaminan terjalinnya hubungan yang berlanjut antara mereka dengan keluarga/kerabatnya di daerah asal mereka.
Peranan jasa pos, dimana prangko merupakan salah satu sarananya sangatlah menunjang. Jalinan hubungan silaturahmi para transmigran dengan keluarga/kerabatnya itu, yang dapat menjadikan jarak terasa dekat. Jasa pos dalam menyampaikan berita keberhasilan para transmigran di tempatnya yang baru kepada kerabatnya, sangatlah menunjang upaya menjadikan transmigrasi suatu gerakan masyarakat.
Bertepatan dengan pengukuhan program Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) menjadi suatu gerakan masyarakat, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi menerbitkan Prangko Istimewa dan Perum Pos dan Giro menerbitkan sampul hari pertama. *)
*) Dari sampul hari pertama  "Transmigrasi" terbit pada tanggal 4 Desember 1993

Prangko Seri "Transmigrasi"
Tanggal Penerbitan : 4 Desember 1993

Koleksi yang dimiliki : Sampul Hari Pertama
Jumlah Koleksi : 1 buah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar